Kamis, Maret 17, 2016

Task 3. E-commerce| Penggunaan Internet

Task 3. E-commerce (Mar, 3-2016)
Nama: Mikhael van Ziteque
NIM: 13110111009
Fakultas: Ekonomi dan Humaniora
Prodi: Manajemen Perhotelan
Alamat Kampus: Jalan Raya Padang Luwih Tegaljaya Dalung, Kuta Utara, Bali (80361)

Penggunaan Internet di Indonesia & Keterkaitan dengan Bisnis di Masa Depan

1. Pengguna Internet di Indonesia pada akhir tahun 2015
Pada tanggal 14 April 2015 yang lalu, Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) UI melakukan rilis pers tentang hasil survey profil pengguna internet di Indonesia. Hingga tulisan ini ditulis, hasil survey hasil kerja sama PUSKAKOM dengan APJII tersebut merupakan sumber informasi tentang data pengguna internet di Indonesia terbaru saat ini. Anda bisa mendownload hasil survey tersebut di website PUSKAKOM UI. idKeyword telah melihat hasil survey tersebut dan mendapatkan informasi menarik di dalamnya. Dan ini lah beberapa hal menarik tentang pengguna internet di Indonesia yang kami temukan.
Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Sudah mencapai 88,1 Juta

Hal menarik pertama yang kita temukan adalah sebuah fakta bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angkat 88,1 Juta. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang ada 252,4 Juta, maka dapat dikatakan bahwa penetrasi pengguna internet di negara ini mencapai 34,9%. Angka tersebut meningkat cukup banyak bila dibandingkan dengan tahun 2013 dimana penetrasi internet baru mencapai 28,6%.
Wilayah Jawa dan Bali menjadi wilayah yang memiliki pengguna internet terbanyak di Indonesia dengan 52 Juta. Disusul dengan Sumatra yang berjumlah 18,6 Juta dan Sulawasei yang memiliki 7,3 Juta pengguna internet. Wilayah Nusa Tenggara, Papua, dan Maluku memiliki jumlah 5,9 Juta. Dan terakhir, wilayah Kalimantan dengan jumlah pengguna internet sebanyak 4,2 Juta. Anda bisa melihatnya pada gambar di atas. Jawa Barat menjadi provinsi dengan pengguna internet terbanyak, yaitu sebanyak 16,4 Juta. (sumber)

2. Keterkaitanya dengan bisnis di masa mendatang

  • Dengan pengguna internet yang sudah mencapai 88 Juta, Go online sudah bukan lagi pilihan tetapi sudah menjadi sebuah keharusan apabila sebuah bisnis ingin bertahan dan berkembang di era sekarang ini. Semua bisnis perlu membuat website agar bisa berkembang.
  • Sudah saatnya bisnis memiliki website dengan desain responsif yang bisa menyesuaikan tampilannya terhadap perangkat yang digunakan oleh pengguanya. Kita telah berada di zaman Multiscreen dimana orang-orang tidak hanya mengakses internet dari satu layar saja.
  • Social media akan memiliki peran penting untuk bisnis karena itu lah alasan sebagian besar terhubung ke internet. Kita harus mulai memikirkan strategi bisnis yang melibatkan social media di dalamnya. Sebaiknya kita mengoptimalkan penggunaan social media dari sekarang.
  • Selain social media, aktivitas utama di internet adalah mencari informasi atau searching. Tak terkecuali saat mereka ingin membeli suatu produk. Stategi pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari seperti Search Engine Marketing dan SEO bisa memiliki peran strategis untuk bisnis Anda. Mulai lah mempelajari bagaimana memanfaatkan Google untuk bisnis kita.
  • Bila Anda baru akan memulai bisnis online, pertimbangkan untuk menjual produk yang membidik target pasar wanita. Mereka lah kaum mayoritas yang menggunakan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar