Selasa, Juni 14, 2016

Task 5. E-commerce| 5 Perusahaan Yang Sudah Menerapkan E-commerce & SWOT Analisisnya

Task 5. E-commerce
Nama: Mikhael van Ziteque
NIM: 13110111009
Fakultas: Ekonomi dan Humaniora
Prodi: Manajemen Perhotelan
Alamat Kampus: Jalan Raya Padang Luwih Tegaljaya Dalung, Kuta Utara, Bali (80361)

1. KASKUS
Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola KASKUS secara profesional. Situs KASKUS, personel & infrastuktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini.
KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Andrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.
Sejak tahun 2009, KASKUS menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. KASKUS menerima banyak penghargaan diantaranya “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. KASKUS dengan bangga berada di peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal nomor 1 di Indonesia, menurut Alexa.
Di tahun 2012 KASKUS juga meluncurkan versi baru KASKUS 2.0 dimana terjadi penyempurnaan pada tampilan, navigasi, fitur search, layanan Forum Jual Beli (FJB), serta menambah server untuk mengakomodir kebutuhan member KASKUS yang telah mencapai lebih dari 4,5 juta member.
Strength
  • Situs yang disediakan oleh kaum terpelajar ini memiliki tampilan yang sangat menarik, serta dikemas dalam bahasa dan istilah yang menarik, sehingga membuat pengguna tertarik untuk menggunakan bahkan bergabung dalam situs atau forum KASKUS.
  • Akses situs mudah dan terperinci, dapat diakses dengan perangkat mobile atau handphone.

Weakness
  • Website yang tersedia dengan kompleksitas tinggi hingga semakin berat
  • Rawan dalam kasus penipuan karena bebasnya pemasangan iklan dalam forum jual belinya

Opportunity
  • Informasi yang disediakan selalu up to date.
  • Visitor atau pengunjung adalah para pelanggan setia, rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk mengunjungi website ini adalah sekitar 7 menit, sungguh SEO (Search Engine Optimization) yang cukup tinggi

Threat
  • Banyaknya pesaing yang menyediakan layanan sejenis, apalagi forum jual beli kaskus bukan cabang utama dalam situs ini.
  • Banyak pengguna yang menyalahgunakan ranking user mereka dengan menggunakan kemampuan vote rank (ISO), hingga terjadinya jual beli vote demi status rank user menyebabkan cikal-bakal penipuan.


2. Matahari Mall
MatahariMall.com merupakan e-commerce bentukan Lippo Group. Pada tanggal 25 Februari 2015 untuk pertama kalinya Lippo Group mengumumkan akan meluncurkan situs e-commerce ini hingga pada akhirnya MatahariMall.com resmi hadir di dunia bisnis yang berbasis internet pada tanggal 9 September 2015. Sejak kemunculannya di dunia e-commerce, MatahariMall.com digadang-gadang akan menjadi situs e-commerce terbesar dan nomor satu di Indonesia. Untuk pertama kalinya di Asia Tenggara, situs ini menerapkan sistem O2O, yaitu “Online-to-Offline” atau sebaliknya. Sistem ini memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.Layanan O2O diadopsi MatahariMall.com dari Walmart, yang ketika diluncurkan 50% penjualannya berasal dari O2O.
MatahariMall.com menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga. MatahariMall.com didukung oleh perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, yaitu Grup Lippo, yang juga mengelola Matahari Department Store dan Hypermart. Dilansir dari situs resminya, MatahariMall.com menuliskan komitmennya sebagai berikut “Kami percaya bahwa customer adalah sahabat kami. Oleh karena itu, pelayanan customer menjadi prioritas utama. MatahariMall.com akan melayani customer mulai dari pengalaman seru mengakses website kami, pembayaran, pengiriman, hingga customer service.”
Strength
  • MatahariMall.com menyediakan situs yang terinci sehingga memudahkan konsumen ketika mengakses laman tersebut. Situs ini mencantumkan layanan pelanggan, seperti cara berbelanja,  info pembayaran, info pengiriman, info pengembalian, dan panduan ukuran.
  • MatahariMall.com menyediakan akun media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sehingga pelanggan dapat lebih mudah mengikuti info terbaru dari MatahariMall.com itu sendiri.
  • Mengadopsi layanan O2O. Dengan menyediakan layanan O2O pelanggan tidak perlu khawatir akan terkena penipuan karena pelanggan dapat mengambil barang yang dibeli secara langsung maupun barang dapat diantar ke alamat pelanggan oleh kurir yang disediakan oleh MatahariMall.com

Weakness
  • Walaupun tergolong baru, MatahariMall.com sudah memiliki banyak pelanggan. Ketika pesanan membludag, MatahariMall.com sering kali kewalahan sehingga mengakibatkan keterlambatan pemrosesan barang pesanan.

Opportunity
  • MatahariMall.com yang tergolong pendatang baru di dunia e-commerce, ia berani menawarkan banyak promosi seperti diskon hingga 99% yang sangat menguntungkan pelanggan.
  • Proses yang dilakukan oleh MatahariMall.com setelah pelanggan menyatakan setuju untuk membeli relative cepat, yaitu 3-4 hari kerja untuk wilayah JABODETABEK dan 4-7 hari kerja di luar area JABODETABEK.
  • Menyediakan layanan customer dan kurir yang ramah.

Threat
  • Dengan keberaniannya memberikan diskon hingga 99% membuat beberapa pelanggan menjadi kurang percaya akan promosi tersebut.


3. Gramedia
Gramedia merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani penjualan buku dengan cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan secara online juga beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dll. Bisnis penjualan buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk dan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia. Didukung dengan infrastruktur internet yang semakin baik dari waktu ke waktu.
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Kalau di lihat dari sudut pandang gramedia, maka mereka melakukan sell side e-commerce . Letak e-commerce yang dilakukan pada perusahaan mereka sendiri. Menurut saya penjualan buku online yang dilakukan gramedia ini ber tipe Business to Consumer (B2C). Mereka seharusnya tidak akan melakukan penjualan buku B2B secara online. Karena seperti yang kita ketahui mereka juga merupakan salah satu distributor terbesar yang ada di Indonesia.
Mengapa e-commerce diperlukan gramedia? Karena dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.
Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan. Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.
Strength
  • Kekuatan Gramedia yang pertama terletak pada kelengkapan produk yang tersedia, dengan menyediakan produk yang beragam dan berkualitas maka Gramedia dapat memenuhi kebutuhan para konsumen. Sehingga diharapkan kebutuhan konsumen yang beragam dapat terpenuhi ketika mereka berbelanja di Gramedia.
  • Selain itu Gramedia juga berusaha menawarkan harga yang bersaing demi kepuasan para konsumen, frekuensi pemberian diskon juga menjadi salah satu kekuatan, sebab tidak dapat dipungkiri bahwa diskon menjadi daya tarik tersendiri. 
  • Selanjutnya yang menjadi kekuatan utama bagi Gramedia adalah citra merek dan reputasi yang sangat baik,

Weakness
  • Pelayanan operasional online Gramedia yang hanya terbatas pada hari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. Sehingga pada malam hari dan weekend, situs onlineGramedia tersebut tidak beroperasi. Kondisi tersebut akan menyulitkan konsumen yang ingin melakukan transaksi pada malam hari atau pada hari Sabtu atau Minggu, misalnya seperti orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk bertransaksi pada jam kerja.

Opportunity
  • Dalam era globalisasi sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap kehidupan masyarakat, penggunaan internet secara positif mampu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Banyak informasi yang didapat dari internet, bahkan internet juga telah dijadikan media bisnis seperti penjualan barang secaraonline, dan juga media pembelajaran. Hal tersebut yang kemudian menciptakan suatu produk yang disebut e-book atau electronic book, yaitu buku yang berupasoft copy dan umumnya berupa file PDF. E-book juga disebut paperless book, karena penggunaannya harus melalui media ekektronik seperti computerlaptop, atau notepad. Bisa dikatakan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan e-book sebagai bahan bacaan mereka. Gramedia Bookstore dalam situasi ini berpeluang untuk turut menyediakan e-book bagi konsumennya, hal tersebut akan menjadi hal baru bagi Gramedia Bookstore, sehingga tidak hanya menyediakan buku dalam bentuk hard copy, namun juga menyediakan e-book.

Threat
  • Penjualan buku melalui media internet kini juga telah marak di masyarakat. Meskipun Gramedia Bookstore juga memiliki situs online, namun keberadaan situs penjualan buku online lainnya juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore, seperti contohnya Amazon, Ebay, Kaskus, dll. Dalam hal ini Gramedia Bookstore harus memiliki cara tertentu agar konsumen lebih memilih untuk berbelanja di situs online Gramedia daripada situs lainnya, misalnya seperti prosedur pembelian dan pembayaran yang mudah.
  • Situs penjualan buku online yang telah disebutkan di atas tidak hanya menjual buku namun e-book, sedangkan untuk saat ini Gramedia Bookstore belum menyediakan produk berupa e-book. Tentu saja kondisi tersebut menjadi ancaman bagi Gramedia Bookstore. Pihak manajemen perlu menerapkan strategi yang baik dalam menyiasati setiap ancaman yang ada agar tidak timbul kerugian.


4. Go-Jek
Go Jek Indonesia adalah suatu jasa transportasi yang ada di jakarta yang beroperasi sejak tahun 2011, Go-Jek merupakan pionir penyedia jasa layanan ojek profesional. Berusaha menawarkan faktor kecepatan, keamanan, dan kenyamanan bagi para pelanggannya.
Strength
  • Kekuatan dari dalam yang dimiliki oleh Go-jek adalah satu-satunya model alat transportasi umum yang menawarkan berbagai macam kemudahan Selain menyediakan jasa antar jemput penumpang, Go-Jek juga menyediakan jasa lain yang cukup membantu seperti kurir instan, dan personal shopping tercepat, selain itu keunggulan dari go-jek ini adalah menggunakan layanan sms, telepon dan aplikasi mobile jadi penumpang tidak perlu menghampiri tukang ojek cukup telepon atau mengirim pesan Go-jek akan menghampiri anda.

Weakness
  • Kelemahan dari Go-jek ini adalah ketika pelanggan menggunakan layanan personal shopping mungkin barang yang di inginkan kurang sesuai dengan yang di inginkan ketika kurang lengkap menjelaskan barang apa yang ingin dibeli dan saat ini go-jek masih menyediakan credit untuk pembelian barang tidak lebih dari satu juta rupiah.

Opportunity
  • Peluang yang yang dimiliki Go-jek ini adalah Go-jek dapat memperluas jangkauan nya sampai ke kota-kota besar di indonesia bukan hanya di Jakarka karena dengan adanya Go-jek Indonesia ini dapat juga membantu Tukang Ojek lainnya dalam hal beroperasi sehingga struktur tranportasi umum di Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.

Threat
  • Ancaman yang akan dihadapi go-jek saat ini adalah munculnya pesaing baru yang bergerak di bidang yang sama.


5. Traveloka
Traveloka adalah sebuah online travel agent yang website-nya beralamat di www.traveloka.com. Situs ini juga menjadi website pencarian dan pembelian tiket pesawat secara online yang paling besar di Indonesia.
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs Traveloka.com.
Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Strength
  • Melalui kecanggihan dunia internet saat ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua info yang ingin anda ketahui hanya dalam beberapa menit saja, hal ini termasuk dalam hal pemesanan tiket pesawat sesuai dengan maskapai yang anda inginkan. Namun dengan menggunakan layanan dari situs Traveloka ini, Anda akan mendapatkan bermacam-macam kemudahan seperti booking tiket yang mudah, cepat, tanpa harus datang kebandara hanya untuk memesan tiket dan banyaknya informasi yang bisa anda dapatkan mengenai fasilitas penerbangan anda, seperti infomasi bagasi yang akurat.
  • Metode pembayaran juga dapat dilakukan dengan transfer, sehingga memudahkan konsumen untuk memesan dan melunasi pembayaran.

Weakness
  • Harga tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum memberikan informasi untuk semua travel yang ada (contohnya seperti pemesanan tiket kereta api ataupun pemesanan tiket kapal laut).

Opportunity
  • Situs Traveloka juga terkenal sebagai situs pemesanan tiket yang paling murah dibandingkan dengan situs lainnya. Harganya yang sangat murah, bahkan lebih murah dari yang tercantum di website resmi maskapai resmi.  Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat.

Threat
  • Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa Traveloka merupakan situs pembelian tiket pesawat dengan harga termurah maka banyak asumsi dikalangan masyarakat yang menyebut jasa tersebut sebagai penipuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar