Task 7. E-commerce
Nama: Mikhael van Ziteque
NIM: 13110111009
Fakultas: Ekonomi dan Humaniora
Prodi: Manajemen Perhotelan
Alamat Kampus: Jalan Raya Padang Luwih Tegaljaya Dalung, Kuta Utara, Bali (80361)
Web: undhirabali.ac.id
Dosen Pengajar: Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, M.MA, MA
E-retail Indonesia
Indonesia merupakan negara berkembang dimana masyarakatnya sangat terbuka dengan teknologi baru dan produk-produknya didunia. Hal ditambah lagi jumlah pemakai internet di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat sangat pesat. Hal ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan yang besar untuk perusahaan E-Commerce dapat berkembang dengan baik pula di indonesia. Inilah faktor-faktor yang mendukung Indonesia sebagai kesempatan besar bagi perusahaan e-commerce.
- Indonesia
terdiri dari 240 juta orang.
- 8%
GDP growth.
- 150
juta jiwa di Indonesia merupakan konsumen Midle-Class.
- Diperkirakan
pemakai internet di Indonesia pada tahun 2016 akan mencapai 160 juta jiwa.
- 9.3%
perdagangan dunia memanfaatkan Ecomerce.
Dua hal
penting lainnya mengenai E-Commerce pada negara berkembang adalah Smartphone
dengan harga murah + Online Engagement. Menjamurnya smartphone dengan fasilitas
internet yang menawarkan fitur sosial media online, artinya = Semakin banyak
masyarakat dari kelas menengah (Middle-Class) mengerti dan teredukasi mengenai
perdagangan via internet sehingga perusahaan e-commerce pun memiliki kesempatan
yang besar untuk berkembang pesat di Indonesia.
Indonesia Pengguna E-Commerce
Terpadat di Dunia?
Pada akhirnya,
kepercayaan adalah hal paling utama untuk memenangkan hati kostumer. Bisnis
dengan pelayanan pengantaran yang cepat kepada konsumen adalah sumber
kepercayaan tersebut, Lazada.co.id hadir untuk menjawab tantangan tersebut.
Solusi Untuk Konsumen Indonesia
E-retail kian berkembang pesat dengan meraih percayaan di pasar melalui
beberapa faktor yang unik antara lain:
- Logistic
& Supply Chain: mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang
tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat,
dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi
profit bagi penyedia jasa logistik
- Payment
Method: Dengan sistem pembayaran yang lengkap seperti kartu kredit, transfer
bank dan Bayar ditempat/Cash On Delivery(COD) konsumen akan merasa nyaman
dan aman berbelanja secara online.
- Own
Delivery With COD: Pengantaran yang cepat dan dilengkapi dengan sistem
COD.
Kesimpulan
Retail, merupakan jenis e-commerce yang di mana semua
proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs
retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif
aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau
hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora,
dan Lazada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar