Selasa, Juni 14, 2016

Task 7. E-commerce| E-retail Indonesia

Task 7. E-commerce
Nama: Mikhael van Ziteque
NIM: 13110111009
Fakultas: Ekonomi dan Humaniora
Prodi: Manajemen Perhotelan
Alamat Kampus: Jalan Raya Padang Luwih Tegaljaya Dalung, Kuta Utara, Bali (80361)

E-retail Indonesia

Indonesia merupakan negara berkembang dimana masyarakatnya sangat terbuka dengan teknologi baru dan produk-produknya didunia. Hal  ditambah lagi jumlah pemakai internet di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat sangat pesat. Hal ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan yang besar untuk perusahaan E-Commerce dapat berkembang dengan baik pula di indonesia. Inilah faktor-faktor yang mendukung Indonesia sebagai kesempatan besar bagi perusahaan e-commerce.
  • Indonesia terdiri dari 240 juta orang.
  • 8% GDP growth.
  • 150 juta jiwa di Indonesia merupakan konsumen Midle-Class.
  • Diperkirakan pemakai internet di Indonesia pada tahun 2016 akan mencapai 160 juta jiwa.
  • 9.3% perdagangan dunia memanfaatkan Ecomerce.

Dua hal penting lainnya mengenai E-Commerce pada negara berkembang adalah Smartphone dengan harga murah + Online Engagement. Menjamurnya smartphone dengan fasilitas internet yang menawarkan fitur sosial media online, artinya = Semakin banyak masyarakat dari kelas menengah (Middle-Class) mengerti dan teredukasi mengenai perdagangan via internet sehingga perusahaan e-commerce pun memiliki kesempatan yang besar untuk berkembang pesat di Indonesia.
Indonesia Pengguna E-Commerce Terpadat di Dunia?
Pada akhirnya, kepercayaan adalah hal paling utama untuk memenangkan hati kostumer. Bisnis dengan pelayanan pengantaran yang cepat kepada konsumen adalah sumber kepercayaan tersebut, Lazada.co.id hadir untuk menjawab tantangan tersebut.
Solusi Untuk Konsumen Indonesia

E-retail kian berkembang pesat dengan meraih percayaan di pasar melalui beberapa faktor yang unik antara lain:
  • Logistic & Supply Chain: mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit bagi penyedia jasa logistik
  • Payment Method: Dengan sistem pembayaran yang lengkap seperti kartu kredit, transfer bank dan Bayar ditempat/Cash On Delivery(COD) konsumen akan merasa nyaman dan aman berbelanja secara online.
  • Own Delivery With COD: Pengantaran yang cepat dan dilengkapi dengan sistem COD.

Kesimpulan
Retail, merupakan jenis e-commerce yang di mana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar